Sabtu, 21 Juni 2008

Bab IV-VIII

BAB IV

WARI-WARI KARO


GUNA WARI SI 30

1. ADITIA :
Wari Medalit, wari mehuli, metenget kerna erkaipe, mehuli menai pendahin.

2. SUMA :
Wari piangko, wari sidua nahe, wari kurang ulina, adi motong manuk lantabeh adi lit kematen ibas wari e, perlu ibahan ngarkari.

3. NGGARA :
Wari Melas (wari merawa), wari erperang, sinerang menang, sitandangi la tahan, mehuli erbahan tambar, ngarkari, ngulak, erburu, ngerabi juma, metenget api.

4. BUDAHA :
Wari si empat nahe, wari page mbuah, mehuli nuan-nuan, mehuli erbahan kerja. La mehuli erdaya si empat nahe, mena nuan, mena mutik, muat page ku keben.

5. BERASPATI :
Wari medalit, wari mehuli, metenget kerna kai pe, kerja simehuli mehuli krina, mulai erbinaga, ndarami dahin, majek rumah, mengket rumah, muka usaha, ergendang.

6.CUKERA 6 BERNGI:
Wari pembukui, wari salang sai, mehuli berkat erlajang, ndarami pendahin, kerja erkata gendang mehuli, mulai erbinaga, mengket rumah, ndahi simbelin, ngelamar.

7. BELAH NAIK:
Wari pengguntur, wari Raja, wari erdaulat, mehuli erbahan kerja mbelin (gendang), mehuli njumpai simbelin, ngelamar kerja, muka usaha, mulai nanggerken gula, erpangir enggo seh sura-sura, berkat erdahin ndauh, kerina kerja-kerja mehuli.

8.ADITIA NAIK:
Wari mehuli, kerja-kerja kitik tah mbelin kerina mehuli, wari salang sai, mulai wari-wari e arih-arih kerina tembe, mehuli mengket rumah mbaru, nampeken tulan-tulan, merenaken man orang tua, ngosei orang tua, erbahan tambat, ngelegi pengambat.

9.SUMANA SIWAH :
Wari kurang ulina, dahin kai saja pe perlu metenget, wari pinangko, kerja-kerja banci ibahan, simehuli erburu, ngawil, niding, jaga pintun rumah.

10.NGGARA SEPULUH :
Wari melas, wari merawa, murah rubat, murah mambur dareh, awas api, mehuli erbahan tambar, ngarkari, erpangir silamsam, ngalakken pinakit, nampeken tulan-tulan, kalak sireh mehuli, kalak simantandangen latahan, nerang menang, ertahan talu.


11. BUDAHA NGADEP:
Wari salangsai, kerina mehuli erbahan kerja mbelin ras kitik, erkata gendang, guro-guro aron, kerja mbelin, erpangir kulau, nampeken rejeki, panggil semangat, ertoto man Dibata, mere babah, nampeken upah tendi, mola-mola, mere babah.

12. BERAS PATI TANGKEP :
Wari mehuli, mulai erpangir kulau, erpangir nguras, mere penjaga rumah/pagar jabu, mereken upah tendi, ndilo tendi, nampeken tendi, penaik erjeki, nuan galuh lape-lape tendi, erpangir nguras, mengket rumah, ndahi kalinbubu, kerja mbelin.

13. CUKARA DUDU CUKERA LAU:
Wari erpangir kulau, buang sial, buang kengalen, nampaiken rejeki, ertambul, engkicik tendi, erjinujung erpangir kulau, erbahan tambar, erpangir enggo seh sura-sura, mola-moal begu jabu, mulai erbinaga, mulai kujuma, nungkuni.

14. BELAH PURNAMA RAYA:
Wari raja, rayat erkerja banci latahan, wari kerja kalk erjabatan, guru penggual, pandai, tukang, raja, kalak bayak rsd.Kerja- kerja mbelin, kerja tahun, muncang kuta, guro-guro aron, rerpangir nguras, mereken nakan man orang tua, ngelegi besi mersik man kalimbubu, caburken bulung, mindo pengambat, tupuk.

15. TULA :
Wari sial, mekisat kalak erbahan kerja ibas wari tula, adi lit anak tubuh banci nunda kubapana ras nandena, emak ibahan kalak ibahbahi alu bulung simalem-malem, kerja simehuli nuan tualah, ngerabi juma.

16. SUMA CEPIK:
Wari kurang mehulina, adi lit urak bilangen ibas wari e ibahan bulung simalem-malem, kerja simehuli, niding, ngawil, erburu, ngerabi juma, ndurui.

17. NGGARA ENGGO TULA:
Wari merawa, wari melas, awas api, mekisat kalak mambur dareh, metenget ngerana man ise pe, simehuli erbahan tambar, ngulaken pinakit, ngarkari nipi gulut/selamsam, wari perperangen, sinerang menang, ertahan talu, kekurangen..

18. BUDAHA GOK:
Wari page mbuah, mulai nuan, mulai mutik, mulai muat page kukeben, kerina nuan-nuan kujuma,mehuli nukur asuhen siempat nahe, erdaya kurang ulina, kerja-kerja pe mehuli.

19. BERAS PATI SEPULUH SIWAH (19):
Mulai menaken dahin, ngerabi, mulai aron kujuma, erbahan lipo manuk, pesikap parik, pesikap tapak rumah.

20. CUKERA SIDUA PULUH :
Mehuli erbahan tambar, erpangir kulau, erpangir silamsam, buang kengalen, ndilo tendi, nampeken/ngurkuri tulan-tulan simate, berkat lajang, ndarami dahin perkuta-kutaken, ngeranaken kai pe muat simehuli.


21.BELAH TURUN :
Mehuli erbahan tambar, buang sial kulau malir, erpangir silamsam, ngekawil, niding, ngaci, ngerabi juma,wari pesalangken.
22.ADITIA TURUN :
Mehuli erbahan tangkal pinakit,tambar-tambar penjaga diri, ngulakken pinakit, erbahan sambar/pengganti diri, erbahan tawar.

23. SUMANA MATE :
Wari munuh, mehuli munuhi tambar, metenget rubati murah sipaten,ndungi perarihen, ndungi tambar, ngulakken pinakit, eburu kekurangen ngkawil, ngaci.

24. NGGARA SIMBELIN :
Mehuli erbahan tambar, buang sial, erpangir pinakit erden-den, ndaramii pemeteh, erbahan tangkal penjaga badan, tangkal juma, erperang, wari melas, wari merawa, erburu kekurangen, kulawit muat binurung.

25. BUDAHA MEDEM :
Wari simalem-malem, mehuli erbahan runggun, lamurah pesimbak sora, berkat erlajang, erdalan ndauh, kekurangen lit siman buaten, mere page, mutik page menaken ranan/nungkuni ngena ate, maba nangkih diberu , erbahn tambar.

26. BERAS PATI MEDEM :
Wari damai, mehuli osei man orangtua, mereken nakan, mereken ciken, ngaluni/nambari pinakit mulajadi, nungkuni anak kalimbubu, nukur barang rsd.

27. CUKERA MATE :
Mehuli kerja ngulaken pinakit, munuhi tambar, ngerabi kujuma, buang sial, lamehuli pajentik ras anak/ndehara, lamehuli lawes la erturin/la ertujun, wari e ngerim-rim setan, perlu metenget, labanci rubat.

28. MATE BULAN :
Wari bicuk, kurang ulina erbahan kerja-kerja, jandi pe murah mobar, murah la siteken, kurang ulina berkat adi la pentingkal, kecuali terpaksa kal, erdahin banci,erbahan sapo, erbahan pengkalaki, erbhan lumbung wili, niding, erbahan kerja saber lebe.

29. DALAN BULAN:
Endek-endek bulan, sabar lebe erbahan kerja-kerja, terlebih kerja erpudun, dahin-dahin biasa saja mehuli, erbahan tambar pe kisat kalak.

30. SAMISARA :
Wari pendungi, mehuli nutup kerja, ndungi runggun, numbuki gegeh aron, mulung tambar, nutup pertambaran/pertapaan, numbuki pola, wari pesalangken, mekisat kalak erbahan kerja-kerja simehuli.


Menurut kata orang tua siadi, adi tengteng warina, cocok ketikana, nitik wari si 30 lameleset, ketika sipinang rambai, ras menurut Pustaka Najati, adi tik-tik wari eteh kapal tombang itengah laut. Adi lit kalak lawes i rumah nari, eteh kuja per lawesna, adi nambari eteh gerek-gerekenna, banci lampas malem tah lang, banci malem tah lang.






KETIKA

ketiken kalak Karo
Ibas nini-nininta nari, sinoria pe enggo meteh ketika, ras guna-guna wari Karo. Sope denga reh bangsa sideban, kalak Karo nggo lit ngiani Taneh Karo. Menurut bangsa Belanda, tahun 1200 kalak Karo enggo ngiani Taneh Karo. Menurut sinoria, adi ia berkat kujapa pe nehen lebe warina, nehen ketikana kai pe lalit alangen nina wari-wari emaka berkat.

Ibas kalak Karo enda, lit ketika nininta nai tehna nge ngenehen bintang I langit, bintang merdang, bintang nuan, bintang sayep rsd. Ibas se e kerina pang ia I uji. Banci datca bunin-bunin. Tehna anak-anak sape tubuh dilaki tah diberu. Beluh ia ndarami kalak lawes, bancipe idilona anem ijapape kalk lawes e, mesti mulih ku rumah.







































BAB V

TAMBAR-TAMBAR KARO


Tambar-tambar Karo ndauh sope reh penjajah Belanda enggo lit. Tambar-tambar enda asalna erbage-bage sumber.Adi sinehen sumber-sumber tambar Karo enda, situhuna piga-piga kita kalak Karo lit hubungenna ras Dibata secara langsung. Lit ka perantara keramat-keramat, Lit ka perantara nabi-nabi rsd. Enda pertanda kalak Karo labo lebih kitik asa suku-suku sideban. Kalak Karo melala kelebihenna, melala ilmu-ilmuna, pemetehna, cara-carana, ras akalna.

Lit nge tambar-tambar Karo reh sendiri ibas Dibata nari. Ia reh arah ilham, reh arah nipi, em isuratken ibas lak-lak kayu, gelarna PUSTAKA. Pustaka lak-lak kayu enda mbue erbagena. Asa paksa sigenduari pe lit denga. Pustaka lak-lak kayu e ibas piga-piga kalak Karo si terkenal em Pustaka NAJATI. Pustaka NAJATI enda seh kal jilena, mehulika. Tik-tik pustaka e, ieteh tombang kapal ilawit. Arah pustaka enda melala erlajar guru-guru kalak Karo. Tuhu kata pustaka e, maka melala ipake kalak sebab seh jilena.

Isi Pustaka Najati e lengkap emkap :

1. Sungkun berita.
2. Tambar-tambar.
3. Mang-mang.
4. Niktik wari desa si waluh.
5. Guna wari Karo.
6. Ngenehen nasib rasa tuah rejeki, baban nggeluh rsd.

Pustaka Najati Ibaba Belanda ku Megerina.

Asum Belanda I taneh Karo njajah, ipepulungna kerina kalak sipintar, guru-guru, sibayak-sibayak, penghulu rsd. Ipindo Belanda buku pustaka e, nina mari ku cetak alu mehuli gelah mejile. Pustaka jali enggo negeri Belanda gantina alu Pustaka Sibadia. Genduari Pustaka Najati I negeri Belanda.

Sumber Tambar-tambar Karo.

Arah nini-nini nari.
Arah buku pustaka lak-lak kayu
Arah nipi.
Arah ilham, orang halus, keramat, jinujung, begu jabu, nini pagar rsd.
Lit arah suku ras bangsa sideban, misalna arah agama Islam, arah suku Toba, arah suku Cina, suku India atau agama Hindu.
Ras sumber-sumber sideban.
Melala kalak sakit totoken man begu jabu, mis malem. Deba begu jabu ngataken tambarna ipepulung, tambarken, pinaket e.

Guna Tambar-tambar Karo.
Suku Karo itandai kalak ras bangsa luas em salah sada alu tambar Karo. Tambar Karo em sada masuk budaya sibanci ngangkat suku ras gelar Karo ku permukaan.
Guru Patimpus Sembiring Pelawi em pendiri kota Medan, nambar-nambar pinakit mesinting melala pinakit madan. Guru Patimpus simeteh tambar. Timpusna tambar-tambar piah ia pe igelari guru Patimpus.

Pinakit Sitambari Kalak Karo.

1.Patah tulang, pertawar penggel.
2.Tambar batu karang.
3.Tawar sembelit.
4.Tambar pinakit mulajadi.
5.Tambar aji (kelangker).
6.Tambar pustab, (Rematik)
7.Tambar beltek (maagh)
8.Tambar sakit gula.
9.Tambar pusuhen (sakit jantung).
10.Tambar-tambar sideban.
Pinakit kai pe banci iperiksa ras itambari ibas Karo nari.

Tengguli ras Dadih.
Adi ia kin guru penawar, ia arus suci jiwana, suci ukurna bersih, perbahenna bersih, ibas tanna sikawes dadih. Jarina, lambarna e campur dadih, entebu melam kerina simehuli. Enda maka enggo tambar ngenca ibaba guru penawar e, labanci ibaba tawar ras bisa merawa Dibata.

Guru Belin.
Adi guru belin lit isina, em tanggapan kalak sinoria, ibas kata-katana nina : Lit bisa, Lit nge tawar. Ibas guru belin e, lit kai pe, lit bisa-bisa, lit pupuk tawar, lit tongkat malaikat, tongkat penalian, lit sikat, lit sarana, lit pengentasan, lit dewal-dewal, lit begu-beguna, lit buku lak-lak kayu (pustaka). Beluh ia ngarkari, beluh ngulak, beluh ia ersilihi, beluh ia erbahan tawar, tapi beluh ka ia nasak bisa-bisa, nasak racun, nasak ipuh, nasak sibiangsa, nasak pupuk sangga bunuh.

Tehna gelar bulung-bulung tawar, tehna gelar bulung-bulung si erbisa, lit ibas ia tawar ras bisa.Guru belin enda genduari lanai mehuli, adi ipakaina kin tawar ras bisa. Genduari guru sibagenda lanai zamanna. Enda sinai ngenca lako.

Guru Penawar.
Mesera muat guru penawar ibabo doni enda. Sebab guru penawar, em kalak si enggo ipilih Dibata. Ia dahinna bagi Nabi ras Rasul.Ibas ia lit erbagai-bagai tawar. Guru Penawar la perlu ngarak-ngarak harta doni. Ia enggo lit suraten tubuhna, ia i doni enda nampati manusia sisakit, siausah, simesera, simesui tah kalak suin.

Erbagai-bagai Guru.
Guru lit erbagai-bagai, lit guru Namura, lit guru Belin lit guru Penawar, lit Guru Pengarkari, lit Guru Ngulak, Guru Ersilihi, Guru Singoge wari si telu puluh (30), Guru Siniktik Wari, Guru Sungkun Berita, Guru Pedewal-dewal, Guru dua lapis pengenen matana, guru lit penggejapenna, guru singoge gerek-gereken, lit guru simeteh benda-benda sakti, umpana batu cincin, piso, tongkat malaikat. Tongkat penaluan cincin siadi, benda-benda gaib, rsd. Lit guru sibaso, dahinna perumah begu, kikuta kalak. Kerina guru enda termasuk sierjabat-jabaten.

Pemeteh guru e lit dalanna erbage-bage em kap :

1. Arah iguruken:
2. Keturunen nini-nini nari:
3. Arah nipi:
4. Ilham:
5. Ibas keramat nari :
6. rsd.

Suraten tubuh/Padan sindube.
Melala guru labo sura-surana jadi guru, tapi ia sakit, ertambar ku dokter la malem-malem. Enggo puas ertambar la malem pinakit. Duit enggo keri, harta lanai lit, kade-kade enggo bosan, lanai diate kalak adi ndekahsa sakit.Turah nipina, reh penggejapenna, begina sora, bengket kupusuhna. Buat bulung besi-besi sangke sempilet, bulung lelesi, laklak ndarasi, kerin renjom, launa inem, ibahanna bage, mis tergejap, malem pinakitna. Ngenehen kelek pinakitna, nungkun kalak ija ia ertambar. Katakenna arah nipi, begina sora ibahanna tambarna, malem kerina pinakitna. Dungna ia nambari kalak piah pe jadi guru penawar. Endam adi enggo suraten tubuh.

Beda Tabib ras Dukun.

Pendapat sienterem, tabib ras dukun seri.Lain tabib, lain dukun. (Guru penawar) :

Tabib nambari pakai pulungen (ramuan).
Lit ibahanna tambar guna kalak sakit spesial sada kalak. Lit ka ibahanna tambar banci guna sienterem (obat jadi) siap pakai.
Tabib membuat pil (kuning) jamu (tawar) minyak urat, minyak gelanggang, dll.
Tabib banci mbuka Balai Pengobatan (rumah obat) jadi gorosen tambar.
Tabib em guru Dokter, makai pulung-pulungen, gelar bulung-bulung ras urat-urat, ras erbagai pulungen bagepe untuk tambar, beluh ia.
Tabib (guru penawar) sini andalkenna em gegeh ramuan tambar-tambar e, guna pepalemken pinakit.
Tabib (guru penawar) ipelajarina ilmu anatomi. Ilmu tulang-tulang, urat, dalim dareh. Perkesah timbarna.
Lit ka ia tabib, ia ka dukun. Dwi fungsi ia nambari.

Pengertian dukun ialah:

Sini ikataken dukun em kap kalak si lit pemetehna nambari tah pe lit kelebihenna asa kalak biasa.
Dukun em guru sierpemeteh ningen ia banci nambari erbagai-bagai pinakit alu singkibul rimi mungkur, tah pe alu sembur belo saja.
Dukun banci nambari secara gaib, kalak sakit ipen, karat lipan, nambari kalak sakit banci jarak jauh.Tapi erbahan kalak sakit pe beloh ka.
Dukun melala nabas tah kataken tabas-tabas.
Beluhka ia erbahan ajimat, tangkal, janah tehna barang-barang siertuah, beluh ia ngenen retak tubuh, nasib, tuah, rejeki, kai dirulahi adi lit kin pinakit.Dukun seri ras guru timur, tehna Yesus tubuh.
Dukun menguasai pawang perkara pawang, misalna, pawang beraga, pawang lebas, nipe, arimo, gajah, pawang udan rsd.



TABAS-TABAS

Tabas-tabas ibas kalak Karo melala sumberna emekap: Islam nari, Cina nari, India nari, ras sidebanna. Bismillah Islam nari, Hong nina mirip bahasa Cina, ras sidebanna.

Sini tambari Karo malem, emekap:
Sakit batu karang.;
Sakit beltek (magg);
Sakit mulajadi (sawan);
Alum-alum (kanker ganas);
Tumor/bareh ;
Sakit gadam ;
Tawar gadam ;
Sakit syaraf (gila) ;
Kena setan-setan ;
Luka bakar/kena api ;
Luka kena piso ;
Gigit ular berbisa ;

TERAKA
Teraka (tato) adalah suatu seni untuk merajah diri dengan gambar-gambar yang kita sukai. Gambar atau rajahan yang terjadi meresap kedalam kulit, tidak luntur dan sukar untuk dihilangkan. Teraka (Tato) sudah mempunyai sejarah amat panjang, sebab 2000 tahun sebelum masehi seni merajah diri ini sudah dikenal.

Tato berasal dari bahasa Tahiti, yaitu: Tatu, yang diketemukan oleh ekspedisi James Cook pada tahun 1969. Pada waktu itu sudah ada kebiasaan merajah diri pada masyarakat polinesia. Pada masyarakat Indonesia, Tato ini sudah lama pula dikenal, seperti kebiasaan yang terdapat pada masyarakat Mentawai di Sumatera dan Dayak Kalimantan. Di kalangan masyarakat Karo juga terdapat kebiasaan merajah diri ini, terutama pada kam wanitanya.

Pembuatan teraka (Tato) pada suku ini berhubungan dengan religi setempat. Ada kepercayaan bahwa wanita yang sedang hamil, atau sedang, atau baru melahirkan, mudah sekali di serang oleh setan yang disebut dengan “Sedang Bela”. Apabila seseorang diserang Sedang Bela, maka ia akan semaput, kemudian meninggal atau gila.

Untuk menghindari serangan Sedang Bela ini, maka dibuatlah penangkalnya yaitu teraka (rajahan) tertentu pada diri orang tersebut. Gambar itu sudah tertentu, yang dikenal dengan nama : Teraka Sipitu-pitu.

TUJUAN MEMBUAT TERAKA (TATO)

Adapun tujuan dari pembuatan teraka (rajah) ini, seperti dikatakan oleh: dr.I Gusti Putu Panteri, Kepala Bagian Ilmu Kedokteran Jiwa UNUD (kompas 25-7-1983), sebagai berikut:
Untuk mendapat kekuatan magis ;
Memperindah diri ;
Menarik lawan jenis ;




Mengobati /menyembuhkan penyakit tertentu.

Adapun pemakaian teraka pada suku Karo berhubungan dengan masalah religi (kepercayaan), karena teraka itu diyakini dapat menolak atau menangkal serangan. Sedang Bela atau setan, pada saat –saat sedang melampaui masa-masa kritis.Seperti telah diuraika, bahwa orang yang mudah diserang Sedang Bela ini, adalah perempuan yang sedang hamil, perempuan yang sedang melahirkan, perempuan yang baru melahirkan, dan anak yang baru lahir.

Sedang Bela mahluk halus yang selalu berpindah-pindah tempatnya, untuk mengintai korbannya. Demikianlah Sedang Bela bertempat tinggal di hilir pemandian (jahen tapin), simpangan jalan (serpang), dapur (dapur) dan menyembul pada kirai tempat tidur (menggep-menggep bas kire-kire).

Adapun cara Sedang Bela ini menyerang manusia, dapat melalui beberapa cara; antara lain: karena terkejut (sengget), melihat (pengidah) melalui mata dan kemungkinan mati, kalau tidak diobati.

Pembuatan teraka
Pembuatan teraka pada umumnya diwariskan secara turun temurun, dari generasi ke generasi berikutnya dikalangan wanita Karo.Teraka ini sudah dibuat pada diri seseorang ketika ia masih gadis.

Untuk membuat terka ini dipergunakanlah : patron, yang dibuat dari rumputan; kemudian sebagai alat gambarnya dapat dipergunakan getah limus atau tahi pantat kuali yang dicampur dengan minyak tanah lalu ditisukan kedalam kulit.

























BAB VI

SISTEM PERKAWINAN
PADA MASYARAKAT KARO

A. Cara perkawinan
1. Exogami
Ini dianut oleh marga Ginting, Karo-Karo, dan Tarigan.
2. Eleutrogamie Terbatas
Ini dianut oleh marga Perangin-angin dan Sembiring. Letak keterbatasannya adalah eleutrogamie itu hanya dapat diadakan diantara sub merga, bukan antara individu di dalam suatu merga trsebut.

B. Jenis-jenis Perkawinan
1. Berdasarkan jauh dekatnya hubungan kekeluargaan :
a. Erdemu bayu (perkawinan dengan impal);
b.Petuturken (perkawinan bukan dengan impal tetapi arus);
c. La arus/sumbang (perkawinan yang menurut adat sumbang, seperti mengawini turang impal). Untik itu terlebih dahulu diadakan upacara “Nabei”
d.Merkat Sinuan (Mengawini putri Puang Kalimbubu)

2. Berdasarkan Keadaan Sekawinan :
1) Mindo nakan (Lakoman kepada isteri saudara ayah);
2) Mindo Cina (Lakoman kepada isteri kakek)
3) Ciken (Lakoman yang sebelumnya telah diperjanjikan terlebih dahulu, karena si wanita kawin dengan pria yang sudah tua)
4) Iyaken (Lakoman kepada suaminya yang masih hidup, ini menurut cerita yang terjadi pada merga sebayang dengan Pincawan dan Merga Kembaren antara Sijagat dengan Penghulu Parti di Gunung Meriah).Ini terjadi karena penghulu Pincawan dan penghulu parti mempunyai dua orang isteri dan salah satu diantaranya (beru Perangin-angin) tidak mempunyai keturunan, sementara Lambing (Sebayang) dan sijagat Kembaren tidak mempunyai isteri.

3. Berdasarkan kesungguhan perkawinan :
a. Kawin sesungguhnya ;
b.Kawin Cabur Bulong (Tarohken persadaan man);

C. Proses perkawinan :
1.Karena pacaran (arih simedanan);
2.Kehendak orangtua (sungkuni);

D. Nangkih
1.Diberu baba nangkih (petuturken)
2.Dilaki ku rumah kalimbubu (Erdemu bayu)

E. Maba Belo Selambar
Adalah upacara meminang seorang gadis menurut tata cara adat karo, adapun isi runggun pada waktu itu adalah :
1. Persentabin (Kampil penjujuri);
2. Nungkun kata kalimbubu (acara pinangan), erdalan kampil pengarihi/pengorati;
3. Singet-singet Gantang Tumba/Unjuken ;
4. Kerna kerja ;
5. Sijalapen ;
6. Pedalan pudun dan penindih pudun.

F. Nganting Manok.
Adapun acara dalam Nganting Manok adalah :
1. Pedalin Kampil Penjujuri (persentabin) ;
2. Gantang Tumba/Unjuken ;
3. Acara Pesta (kerja) ;
4. Ose sierjabu, orang tua dan sembuyak;
5. Pada waktu makan :
a. Erdalan nakan baluten (adat 5 buah) ;
b. Erdalan luah cimpa gulame/rires ;
c. Gulen manok i ciperai.
6. Sijalapen
7. Pedalan pudun.

G. Kerja
1. Persiapan Pedalan Emas.
- Tanyakan apakah ada perubahan pada Gantang Tumba/Unjuken :
- Sijalapen ;
- Alat-alat penyerahan uang jujuren (pinggan pasu, Lanam uis arinteneng, amak cur, beras meciho, deraham 2 buah, lada, belo berkis-berkisen, mbako, gamber, kapor) ;
2. Pedalan Emas
Dahulu yang diserahkan melalui pinggan hanyalah simecur, sementara sisanya diserahkan langsung oleh Anak Beru si empo kepada Anak Beru si Nereh. Adapun si mecur terdiri dari :

a. Bena Emas (Erdemu Bayu)/ Batang Unjuken (Petutorken);
b. Ulu Emas
c. Bere-bere
d. Perkempun dan
e. Perbibin

Akan tetapi sekarang penyerahan Gantang Tumba/ Unjuken ini adakalanya sebagai berikut :

Pertama
a. Bena Emas/ Batang Unjuken + 1 buah dirham
b. Ulu Emas + 1 buah dirham ;
c. Rudang-rudang ;
d. Senina ku ranan ;
Kedua
a. Bere-bere ;
b. Perkempun ;
c. Perbibin ;
Ketiga
Perkembaren (erdemu bayu) /Perseninan (Petutorken) / Sabe (ade ibaba nangkih)
Dahuku Gantang Tumba/ Unjuken ini sering disebut perkerbon atau ganti gigeh.
Bentuknya dahulu adalah barang, apkah emas (perhiasan) atau pisau (barang
Pusaka) dan tidak dibagikan, akan tetapi hanya ditujukan kepada yang hadir.

3. Acara landek/ Mereken Telah-telah.
Dahulu yang memberikan telah-telah dari pihak perempuan hanyalah singalo bere-bere dan singalo bere-bere dan singalo perkempun, sementara dari pihak pria kalimbubu Singalo Ulu Emas. Akan tetapi semua (Sangkep Enggeloh) memberikan telah-telah. Adapun urutan menari dalam pesta perkawinan sentua adalah sebagai berikut :

Gendang Sukut :
a) Landek sukut, ngalo-ngalo Anak beru ;
b) Landek sembuyak, ngalo-ngalo sukut ;
c) Landek Senina/Sepemeren/Siparibanen/Sepengalon/Sendalanen, ngalo-ngalo sukut.

Gendang Kalimbubu :
Landek Kalimbubu Singalo Bere-bere, Singalo perkempun Singalo perbibin (arah sinereh), sementara dari siempo disebut : landek Kalimbubu sitelu sada dalanen erkiteken Kalimbubu Singalo Ulu Emas, emekap Kalimbubu Singalo Ulu Emas, Singalo Perkempun ras Perbibin.Selesai menari dan memberikan telah-telah diikuti dengan memberikan luah.

Gendang Anak Beru :
Landek Anak Beru, atau boleh juga bersama Anak Beru Menteri dan Anak Beru Pemeren. Urutan menari ini boleh di pecah-pecah menurut urutan anak beru.

F. Uang Jujuren
Uang Jujuren dalam adat Karo disebut Gantang Tumba (Erdemu Bayu),Unjuken (Petutorken) dan Nungsang Galum (La arus/Sumbang). Adapun bentukmya adalah sebagai berikut :
1. Bena Emas / Batang Unjuken.
2. Gantang Tumba / Unjuken.
3. Rudang-rudang.
4. Senina ku ranan

Aloken Kalimbubu terdiri dari :
1. Bere-bere ;
2. Perkempun ;
3. Perbibin ;

Didaerah Kecamatan Payung adat terbagi dua, yakni 9 kampung mengikuti adat Kuta bBluh dan 11 kampung mengikuti adat Lingga. Bagi kampung yang mengikuti adat Lingga, disamping yang telah disebutkan di atas, juga ada :

1. Si rembah ku lau ;
2. Perninin ;

Demikian juga di daerah Juhar, ada utang adat yang disebut : Ciken-ciken yang di serahkan kepada Binuang (Kalimbubu Bapa).
Aloken Anak Beru, adalah : Perkembaren (Erdemu Bayu), perseninan (petuturken) dan sabe untuk perkawinan yang di awali dengan “ Nangkih”.

G. Sijalapen
Pada acara maba belo selambar, Nganting Manok dan pedalan Ulu Emas biasanya diadakan “Sijalapen” yakni menanyakan “Sangkep Enggeluh” dari masing-masing pihak, terdiri dari :

1. Nama yang berkawin (pria/wanita) ;
2. Simupus (yang melahirkan) ;
3. Sipempoken / sinerehkenca (sembuyak) ;
4. Senina ku ranan ;
5. Anak Beru Tua ;
6. Anak Beru Cekoh Baka Tutup ;
7. Anak Beru Menteri (khusus pihak pria).

Dalam hal perkawinan, prof.Dr Payung Bangun BA, menulis dalam buku “Manusia Dan Kebudayaan Di Indonesia” tentang “Kebudayaan Batak”, sebagai berikut :

Perkawinan pada orang Batak pada umumnya, merupakan suatu pranata, yang tidak hanya mengikat seorang laki-laki dengan seorang wanita, tetapi juga mengikat juga dalam suatu hubungan tertentu, kaum kerabat dari si laki-laki (“sipempoken”- dalam bahasa Karo, “peranak” dalam bahasa Toba) dengan kaum kerabat si wanita (“sinereh” dalam bahasa Karo, “parboru” dalam bahasa Toba). Karena itu, menurut adat kuno, seorang laki-laki tidak bebas dalam hal memilih jodohnya. Perkawinan yang dianggap ideal dalam masyarakat Batak adalah perkawinan antara orang-orang “rimpal” (marpariban dalam bahasa Toba) ialah antara seorang laki-laki dengan anak perempuan saudara laki-laki ibunya, dengan demikian maka seorang laki-laki Batak sangat pantang kawin dengan wanita marganya sendiri dan juga dengan anak perempuan dari saudara perempuan ayah.

Pada zaman sekarang sudah banyak pemuda yang tidak lagi menuruti adat kuno ini. Dalam hal ini dipetik pula tulilsan DR.Henry Guntur Tarigan yang berjudul “Poligami dan Perceraian pada Masyarakat Karo” dimuat pada majalah “Dalihan Na Tolu” No.2 Tahun 1977. Ditulisnya antara lain :

Poligami (seorang suami mempunyai isteri lebih dari seorang) dan perceraian pada prinsipnya tidak diingini oleh seluruh kerabat pada masyarakat Karo. Wanita manakah yang rela dimadu atau “erkidua”? Wanita manakah yang rela di cerai/ ditalak begitu saja? Apalagi orang tua beserta senina, anakberu dan Kalimbubu-nya. Mereka tidak akan rela hal itu terjadi. Dalam kesempatan ini, kita akan meninjau dan meneliti dalam hal-hal bagaimanakah poligami dan perceraian pada masyarakat Karo dapat diterima, dapat ditoleransi oleh seluruh kerabat, oleh adat kebiasaan ?

Memang poligami dan pereceraian merupakan kejadian yang menyedihkan dan yang pahit dan getir, ibarat menelan duri campur empedu. Namun dalam beberapa hal, hal ini dijelaskan demi kepentingan seluruh kerabat dan kelangsungan keturunan: ibarat menelan pil kina yan pahit dan menyembuhkan penyakit demam yang mencekam. Perlu diketahui bahwa sepanjang pengetahuan penulis apa yang disebut poliandri (yaitu suatu bentuk perkawinan yang mengizinkan seorang isteri mempunyai lebih dari seorang suami) tidak terdapat pada masyarakat Karo.
Kami kutipkan kembali tulisan DR.Henry Guntur Tarigan, berdasar rujukan yang sama, yang antara lain menulis sebagai berikut :

Sebagai pemberi dara (Kalimbubu) kita akan dihormati, disegani oleh anak beru kita. Bila menghadapi suatu masalah, mengadakan pesta atau perjanjian berat lainnya, maka anak beru akan menyelesaikan semuanya dengan sebaik-baiknya. Berbahagialah suatu keluarga yang mempunyai anak beru yang bijaksana yang dapat memecahkan segala pekerjaan dengan sebaik-baiknya sehingga memuaskan segala pihak. Tentu sebaiknya begitu : sungguh sedih dan sial-lah kita, bila anak beru kita tidak dapat melakukan tugasnya dengan baik, apalagi sampai membuat hal-hal yang memalukan pula.

Sebagai penerima dara atau anak beru, kita harus menghormati kalimbubu serta dapat menyelesaikan segala persoalan dan pekerjaan dengan sebaik-baiknya. Nama baik kalimbubu kita harus dijaga. Disini jelas betapa beratnya tugas kita sebagai anak beru. Demikianlah suatu keluarga selalu berada di antara anak beru dan kalimbubu : disuatu pihak menjadi anak beru, di pihak lain menjadi kalimbubu, kalau kita mau dihormati, disegani oleh anak beru, maka kitapun harus mau menghormati mengangkat derajat kalimbubu kita.

Kalau ternyata bahwa sang suami yang mandul, maka kalau tidak dicari jalan keluar tentu garis keturunan berdasarkan marga sang suami akan putus. Hal ini tentu tidak diingini. Orang tua-tua putus asa, jalan yang penuh duri harus ditempuh secara bijaksana, tabah dan rahasia. Orang tua-tua, biasanya wanita yang telah tua, mengambil inisiatif dalam hal ini. Sang isteri dari sang suami yang mandul itu di approachkan dengan baik, diberi penjelasan betapa pentingnya anak dalam satu keluarga untuk melangsungkan garis keturunan. Oleh karena itu, sang isteri dimohon dengan sangat agar dia mau mengadakan hubungan kelamin dengan salah seorang saudara suami. Memang hal ini sungguh sulit untuk dilaksanakan.Tetapi mengingat pentingnya garis keturunan dan garis marga, maka ada isteri yang mau (dan ada juga yang tidak mau), sebab adik suaminya toh sedarah dan semarga dengan suaminya. Tahap kedua adalah meng-approach salah seorang saudara suami, agar ia mau meniduri isteri saudaranya demi keselamamatan keluarga serta keturunan sauadaranya itu.

Kalau dia rela melakukan hal itu, maka orang tua-tua menentukan waktunya dan tempat, yang telah diatur secara rapih dan rahasia, mengadakan hubungan kelamin itu. Dalam bahasa Karo seperti ini disebut dengan “ipetangkoken”, yaitu melakukan suatu pekerjaan secara mencuri-curi, secara diam-diam, secara rahasia, baik kepada sang isteri, maupun kepada saudara sang suami, diperingatkan benar-benar untuk menjaga rahasia ini sebaik-baiknya. Agar jangan ada orang lain dalam kerabat, lebih-lebih sang suami yang mandul itu yang mengetahuinya.

Orang tua-tua yang mengatur beberapa lama kedunya harus tidur bersama. Biasanya kalau sang wanita telah hamil (atau dalam bahasa Karo disebut “mehulidagingna”), hubungan itu diputuskan. Anehnya setelah anak pertama lahir, anak kedua mungkin lahir pula atas hubungan suami isteri itu sendiri. Perlu dicatat, bahwa jalan yang telah kita utarakan diatas jarang sekali terjadi, dan kalau adapun yang menempuhnya, sulit sekali untuk mengetahuinya, karena memang benar-benar dirahasiakan oleh orang-orang yang bersangkutan, bagaimana halnya kalau sang isteri yang mandul ? Kalau segala usaha yang telah dijalankan untuk mengobati kemandulan sang isteri tidak berhasil, maka orang tua-tua (setelah berunding dengan “anak beru”,”senina” serta “kalimbubu” kalau perlu) memohon kesediaan sang isteri untuk mengizinkan sang suami untuk kawin lagi dengan wanita lain, supaya garis keturunan suaminya jangan sempat putus dan punah. Dalam hal inilah poligami dapat diizinkan dalam masyarakat Karo. Kemungkinan ketiga (sebagai penyebab tidak mendapat keturunan, yaitu baik suami maupun isteri yang mandul) tidak perlu kita perbincangkan dalam hal ini.

Dari kutipan tersebut di atas, dapat kita menyadari pentingnya anak bagi masyarakat dengan sistem kekeluargaan patrilineal, apalagi anak laki-laki. Demikian kiranya dapat ditegaskan kembali bahwa tindakan ini tidak perlu disepakati oleh pihak-pihak yang berkepentingan. Peristiwanya juga sangat jarang sekali terjadi.

Kami kutip tulisan orang Batak sendiri, yang dimuat dalam Nomor Perdana Majalah Kebudayaan Batak.”Dalihan Na Tolu”
Yang berjudul “Mengapa perkawinan Se-Marga Dilarang ?” sebagai berikut :

Bagaimanapun juga; hingga saat ini masyarakat Batak masih melarang pekawinan semarga. Meskipun pad kenyataannya saat ini sudah banyak yang melanggar adat sedemikian ini, namun prinsip yang masih dipegang sekarang dengan teguh menolak perkawinan semarga. Sehingga, bilapun perkawinan semarga, hal tersebut akan menjadi pergunjingan yang cukup ramai dikalangan masyarakat Batak, dan sampai kinipun kasus perkawinan semarga ini cukup kontroversial. Menurut catatan –catatan yang dapat diperoleh hingga saat ini, larangan perkawinan di kalangan masyarakat Batak erat hubungannya dengan eksistensi “Dalihan Na Tolu”. Sedangkan Dalihan na tolu adalah eksistensi sosiologis masyarakat Batak, sebab bila mana dua orang satu marga melakukan perkawinan, maka hal ini berarti hilangnya sebuah fungsi dalihan na tolu, yaitu fungsi ‘boru’. Sebab kasus sedemikian ini, maka yang menjadi boru dan hula-hula, adalah teman semarga (dongan sabutuha) jua. Kemungkinan atas sedemikian inilah yang menjadi ‘rasionalisasi’ dilarangnya perkawinan semarga.

Walaupun bila kita telusuri lebih lanjut, justru perkawinan semerga ini telah merupakan asal mula perkembangan masyarakat Batak, dapat dilihat sejak Sariburaja yang mengawini adiknya sendiri ‘Siboru Pareme’ sehingga ia diusir dari ‘Sianjur mula-mula’, dan menghasilkan migrasi pertama orang Batak

Jelas bahwa gambaran bisa diproyeksikan pada lingkungan masyarakat kita. Kontruksi “Dalihan Na Tolu”, seperti telah diungkapkan, tak berbeda dengan “Sangkep Si Telu”. Demikian pula peran-peran “anak beru” “senina” dan “kalimbubu”. Permasalahan lebih lanjut, kaitannya dengan suku-suku lain, akan tetapi masih dalam lingkungan suku Batak, adanya marga yang dianggap sama kendati ia berasal dari Batak yang lain. Misalnya, merga Ginting pada suku Karo, sama dengan Sijabat atau Saragih pada suku Tapanuli dan Simalungun. Oleh karenanya, perkawinan antara mereka juga dianggap merupakan perkawian semerga yang berarti terlarang. Dengan keadaan sedemikian, lingkungan larangan perkawinan semakin luas, yang dengan demikian juga berarti ‘sedarah’. Layak kiranya dalam hal ini di kutipan kembali pendapat dari rujukan yang sama, sebagai berikut :

Gambaran-gambaran diatas ini menunjukan bahwa ‘filsafat’ larangan kawin semerga adalah karena perikatan atau hubungan darah. Mereka yang satu merga adalah mereka yang dianggap satu darah satu ayah satu ibu, meski hal itu berlangsung selama antar generasi. Dan anggapan satu ayah satu ibu itu mengakibatkan bahwa perkawinan antar satu marga adalah tabu. Namun bilamana kita mengikuti pendapat bahwa larangan perkawinan satu marga adalah karena mereka dianggap ‘satu darah’, maka akan terdapat beberapa ‘kejanggalan di dalam masyarakat Batak dalam hubungannya dengan hubungan perkawinan ini. Masyarakat Batak mengenal hubungan perkawinan dengan anak paman (tulang) yaitu disebut ‘pariban’.

Sebagaimana diketahui, seseorang yang mempunyai pariban (putri paman), dalam kebiasaan masyarakat Batak dahulu (mungkin juga masih dianut dewasa ini) mempunyai ‘hak’ untuk mengawini sang pariban tersebut. Bahkan tidak jarang terjadi, para orangtua menjodohkan atau memaksa putranya atau putrinya, untuk mengambil paribannya sebagai isteri atau suami. Hubungan pariban, adalah hubungan darah, artinya dua orang yang ‘marpariban’ masih diikat suatu pertalian darah yang langsung, masih satu ‘nenek’. Jadi sebenarnya , perkawinan dengan pariban sebenarnya adalah sama dengan perkawinan ‘keluarga’. Sehingga bila kasus demikian ini kita gunakan untuk melihat larangan kawin antara satu marga, adalah karena mereka masih dianggap satu darah, atau masih dalam pertalian kakak-adik, maka adalah suatu kejanggalan bila masyarakat Batak sejak dulu mengakui bahkan sering memaksakan perkawinan pariban. Suatu marga yang sama dari dua orang misalnya, mungkin amatlah jauh pertalian ‘darah-nya’. Sedangkan antara dua orang yang marpariban, meski mereka adalah berasal dari dua marga yang berbeda, namun amatlah dekat.

Dua orang yang bermarga panggabean misalnya, dilarang untuk dapat kawin, meskipun mungkin antara keduanya, (sudah pasti putra dan putri) ada suatu ikatan ‘cinta’. Sebabnya karena keduanya masih dianggap kakak beradik.Tetapi antara dua orang yang marpariban antara marga Silitonga dengan paribannya boru Siregar misalnya, tidak dilarang untuk kawin bahkan mungkin sering untuk ‘dijodohkan’ meskipun antara keduanya tidak ada saling saling mencintai. Dengan uraian ini, bukanlah ada maksud untuk menentang adat, namun apakah hal-hal sedemikian ini tidak pernah untuk dipikirkan ?”.

Hal lain, yang masih berkaitan dengan soal larangan, adalah masalah yang dalam lingkungan masyarakat Karo dikenal dengan istilah “rebu”.Istilah ini sebenarnya tak bermakna terlarang, akan tetapi lebih tepat : berpantang.Suatu tingkah yang dianggap tidak pantas, seandainya “rebu” tadi dilanggar. Rebu yang sangat dikenal adalah :

- a). Antara ‘mami’ dengan ‘kela’
- b). Antara “bengkila” dengan “permain” dan antara “turangku” dengan “turangku”. Menyampaikan isi pembicaraan dalam hal keadaan sedemikian, ada dua cara yang bisa ditempuh, seperti yang ditulis DR.Henry Guntur Tarigan, sebagai berikut :

Pertama, sang kela membubuhkan perkataan “nina mami” (berarti “kata mertua”) dan sang mami membubuhkan perkataan “nina kela” (berarti “kata menantu”) pada setiap kalimat yang hendak mereka ucapakan. Dengan kata lain, sang kela harus pandai mempergunakan “nina mami” atau “ber-nina mami”, yang dalam bahasa Karo disebut “ngerana ernina mami” – berbicara ber-nina mami. Begitu juga mami harus pandai “ngerana ernina kela”- berbicara ber-nina kela. Dengan berbuat demikian, seolah-olah terasa bahwa komunikasi itu bukan komunikasi langsung. Ucapan mami yang dikeluarkan sang kela terasa sebagai ucapan mami sendiri, sebab membubuhi perkataan dengan perkataan ‘nina mami’; begitu juga dengan ucapan yang dikeluarkan oleh mami terasa sebagai ucapan kela sendiri dengan adanya “nina kela” itu.

Kedua, dengan mempergunakan benda-benda yang kebetulan ada pada tempat mereka mengadakan komunikasi itu sebagai perantara. Marilah kita mengandaikan mereka mengadakan komunikasi dengan memprgunakan benda mati batu sebagai perantara dalam pembicaraan. Dalam hal ini, setiap akhir kalimat yang mereka yang ucapkan harus dibubuhi/ diikuti ucapan “ nindu o batu” yang berarti “anda katakanlah (begitu) hai batu. Dengan berbuat demikian, mereka merasa bahwa komunikasi yang mereka adakan bukanlah komunikasi langsung, sebab sudah mempergunakan batu itu sebagai perantara, yang fungsinya dapat disamakan dengan orang ketiga.

Lebih jauh dari sekedar komunikasi langsung, adalah pantang bersentuhan badan. Sementara rebu yang lain adalah berupa duduk berhadap-hadapan atau duduk pada sehelai tikar, atau sekeping papan, tanpa ada orang lain yang duduk diantara mereka. Pada umumnya, rebu antara mami dan kela ini berlaku pula bagi bengkila/ permain dan turangku dengan turangku
Pada dasarnya alasan moral, kekhawatiran tingkah sumbang merupakan pokok serta alasan sikap dari “terciptanya” susunan demikian, maka terjagalah jarak diantara mereka, yang diharapkan akan menerbitkan rasa segan-menyegan, rasa hormat menghormati, sesuai posisi masing-masing dalam keluarga.












































BAB VII

TATA BUSANA ADAT-KARO

A. Ose Orang Kawin (Pengantin)
1.Pakaian (ose) Pengantin Pria.
a. Uis Nipes/Beka Buloh, untuk bulang-bulang ;
b. Sertali, untuk hiasan bulang-bulang dan kalung-kalung ;
c. Rudang-rudang, hiasan bulang-bulang ;
d. Gelang Sarong, hiasan tangan kanan ;
e. Uis Arinteneng/ julu, sebagai gonje ;
f. Uis remas-emas, sebagai kadang-kadangen ;
g. Uis Nipes, sebagai cengkok-cengkok ;
h. Ragi Jenggi, sebagai ikat pinggang ;
i. Cincin Tapak Gajah, sebagai hiasan jari ;

2.Ose Pengantin Wanita.
a. Kelam-kelam, sebagai tudong (Teger Limpek)
b. Uis remas-emas, sebagai jujungen ;
c. Sertali, sebagai hiasan tudung tudung dan kalung ;
d. Anting-anting kodang-kodang, sebagai cimberah ;
e. Uis Arinteneng, sebagai abit (sinjang) ;
f. Uis Nipes, sebagai Langge-langge.

B.Ose Orangtua Pengantin, terdiri dari :
1.Ose Ayah (Bapa) :
a. Uis Nipes/ Beka Buloh, sebagai Bulang ;
b. Uis Arinteneng, sebagai gonje;
c. Uis remas-emas, sebagai kadang-kadangen ;
d. Uis Nipes, cengkok-cengkok ;
e. Ragi Jenggi, sebagai ikat pinggang (Benting).

2.Ose Ibu (Nande) :
a. Kelam-kelam, sebagai tudong (Teger Limpek)
b. Uis rambu-rambu, sebagai jujungen ;
c. Uis arinteneng, sebagai abit ;
d. Uis Nipes, sebagai langge-langge ;


JENIS-JENIS UIS (KAIN ADAT).

1. UIS ARINTENENG.
Warnanya hitam agak pekat, karena kain ini dibuat dari benang kapas yang dicelup dengan sejenis bahan yang warnanya hitam (proses tradisionil), dalam bahasa Karo disebut ipelebuhken pemakainnya :

Kain ini dipergunakan dalam acara pesta perkawinan yaitu pada waktu emas kawin diserahkan, kain ini di pakai sebagai alas pinggan pasu. Pinggan pasu (piring), yang bentuknya cekung dan lebih besar dari piring biasa, warnanya putih, dan piring ini biasanya punya makna tersendiri.
2. UIS GATIP.
Warnanya hitam dan berbintik-bintik putih di tengah, tepian kain warnanya hitam pekat dan ujungnya terjalin dan berumbai. Jenis kainnya agak tebal hingga disebut dengan uis kapal (kain tebal). Proses pembuatannya juga masih tradisionil.
Pemakaiannya :
Dipakai sebagai ose laki-laki, dan pada upacara-upacara perkawinan adat, memasuki rumah baru, guro-guro aron (pesta muda-mudi) dsb.

3. UIS JONGKIT.
Warnanya dan bahannya sama dengan uis gatip, hanya saja uis jongkit di tengah-tengah kain memakai benang emas yang motifnya melintang-melintang pada kain tersebut, hingga warna dan bentuknya lebih cerah.
Pemakaiannya :
Pemakaiannya sama seperti uis gatip, kain ini sekarang lebih disenangi dan banyak dipakai pada upacara-upacara adat.

4. UIS BEKA BULUH.
Warna dasar kainnya merah cerah, bagian tengah bergaris kuning, ungu, putih dan pada tepian kain motif-motif Karo dengan benang emas, demikian juga pada ujung kain.
Pemakaiannya :
Kain ini dipakai sebagai Bulang (penutup kepala/topi) pada laki-laki, dan juga dipakai juga sebagai cekok-cekok (penghias bahu) yang diletakan sedemikian rupa pada bahu laki-laki. Kain ini juga biasa diletakkan di atas tudung wanita.

5. UIS KELAM-KELAM.
Warnanya hitam pekat, bahan kainnya lebih tipis dan polos tanpa motif. Sepintas seperti kain hitam biasa, hanya kain ini lebih keras karena proses pembuatannya juga masih tradisionil.
Pemakainnya :
Dipakai oleh wanita sebagai tudung pada upacara-upacara adat, tudung yang bahannya dari uis kelam-kelam disebut Tudung Teger Limpek, bentuknya khas dan unik. Proses pembuatan tudung ini memang sangat unik, hingga saat ini tidak semua orang dapat membuat tudung ini.

6. UIS JULU.
Kain ini tebal seperti kain jongkit/ gatip, warnanya hitam kebiru-biruan, tepian kain hitam dan ujungnya berumbai.
Pemakaiannya :
Dipakai oleh para wanita sebagai abit (kain sarung/kampuh) pada waktu upacara adat.

7. UIS GARA.
Warnanya merah tua, dan ada juga yang bergaris-garis kecil warnanya putih di tengah, tepian kain ini warnanya merah tua dan ujungnya berumbai, dan sebagian kain ini memakai benang emas, kain ini jenisnya agak tebal dan sekarang sudah banyak motif baru.
Pemakainnya :
Dipakai sebagai tudung oleh wanita, yang tidak memakai benang emas biasa dipakai wanita sehari-hari sebagai penutup kepala di desa. Dan yang memakai benang emas dipakai juga pada upacara-upacara pesta adat sebagai tudung, dan bentuknya lebih pendek dari tudung teger limpek. Proses pembuatannya juga sama dengan teger limpek, hanya ini lebih sederhana.



8. UIS TEBA
Warnanya kebiru-biruan dan bergaris-garis putih, tepian kain hitam dan ujungnya berumbai, tebal kain hampir sama dengan uis gara. Proses pembuatannya juga masih tradisionil.
Pemakainnya :
Biasanya dipakai sebagai tudung oleh wanita yang sudah tua dan juga dipakai sebagai maneh-maneh (tanda mata) dari wanita yang sudah tua meninggal untuk kalimbubnya (garis ayah) atau asalnya.

9. UIS JUJUNG-JUJUNGEN.
Warnanya merah bersulamkan benang emas dan kedua ujungnya berumbai benang emas, kain ini tidak selebar kain yang lainnya, bentuknya hampir sama dengan selendang.
Pemakaiannya :
Dipakai oleh wanita dan biasanya letaknya di atas tudung dan rumbainya terletak di sebelah depan. Pada saat sekarang kain ini jarang digunakan, dan diganti dengan uis beka buluh.

10. UIS NIPES.
Kain ini jenisnya lebih tipis dari kain-kain lainnya dan bermacam-macam motif dan warnanya (merah, coklat, hijau, ungu) dsb.
Pemakaian :
Sebagai selendang bagi wanita.



OSE PENGANTIN WANITA KARO.
Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa “ose” adalah seperangkat kain-kain adat yang dipakai pada upacara adat-adat tertentu. Sedangkan “rose” yaitu orang yang memakai kain lengkap pada upacara adat tersebut.

OSE PADA PENGANTIN WANITA TERDIRI DARI :
- Tudung mbiring (Teger Limpek)
- Uis julu
- Uis Nipes
- Uis jujung-jujungen
- Kampil
- Baju kebaya
- Sertali (perhiasan).

OSE PENGANTIN PRIA TERDIRI DARI :
- Uis Jongkit (2 lembar)
- Uis Beka Buluh (3 lembar)
- 1 (satu) pasang jas
- Hem lengan panjang
- Dasi (bila diperlukan)
- Sertali (perhiasan)

Osei-osei Pengantin
Pengantin Rosei kuh pakai emas-emas atau sekarang disebut AKSESORIS pengantin.

Osei pengantin wanita
Rose kuh terdiri dari :
1. Tudung lengkap jujungen (Dasar kelam-kelam, junjungen uis remas-emas)
2. Abid Dasar. (taba/julu)
3. Abid julu
4. Pengalkal Uis Nipis.
5. Kampil kuh isisna.
6. Emas-emas. (sertali)

Kategori Pengantin Wanita.
1. Tudung kelam-kelam model teger limpek erjujungen (Beka buluh, Pilo-pilo, Ragi Barat).
2. Abid dasar teba (tidak pernah pakai batik)
3. Abid julu (Abid khusus).
4. Pengalkal uis nipes Sutra Ulat, Torus Tarutung, Ragi Barat dan lain-lain.
5. Kampil kuh ibas isina.
6. Emas-emas.

Osei Pengantin Pria.
1. Bulang
2. Cengkok
3. Abid Gatib.
4. Kadangen (selempang)
5. Tumbuk lada.

Kategori pengantin pria
1. Bulang-bulang Beka buluh.
2. Cengkok-cengkok Baka Buluh, Ragi Barat.
3. Abid Gatib 20, gatib 9.
4. Selampang teba (kadangen)
5. Tumbuk lada.
6. Emas-emas sertali, layang-layang, rudang emas, gelang sarong, tambah cincin.

Osei orang tua pekepar
Seri ras osei pengantin, hanya orangtua la pakai emas-emas (yang laki-laki).

Osei orangtua sidiberu
1. Tudung
2. Abid
3. Pengalkal.
Keterangan
1. Tudung jongkit 9 model limpek, teger limpek.
2. Abid dasar songkit, samarenda dan lain-lain.
3. Pengalkal uis nipes sutra ulet, Ragi barat dan lain-lain.

Osei Sukut si dilaki
1. Tanda-tanda
2. Abid (kampuh)
Keterangan : Tanda-tanda i cengkokken I kuduk
Abid i sampanken sebatas lutut


Osei Anak Beru Pekepar :
Sidiberu erbenting kibul (uis nipes diikatkan di pinggang) si dilaki kampuh diikat di pinggang (Ersampan sebatas lutut). Endame osei-osei Pengantin Kerja Sintua.
OSEI MUKUL

Osei pengantin sesudah selesai pesta siang, maka malamnya acara mukul ras acara ngobah tutur. Untuk itu pengantin di osei lagi.

Osei pengantin pria
1. Abid : Gatib 9 (Gatip 20)
2. Bulang : Beka Buluh.
3. Kadangen : Uis Teba.
Tidak pakai baju jas.

Osei pengantin si diberu
1. Tudung : Jongkit model limpek.
2. Abid : Samarenda, tepas dan lain-lain.
3. Langge-langge : Uis nipes.
Enda me osei mukul ras ngobah tutur.


OSEI MENGGKET RUMAH MBARU

Osei untuk mengket rumah mbaru ini tergantung dengan besar kecilnya pesta tersebut, hanya saja untuk mengket rumah ini ada dua tingkat :
1. Kerja mbelin (pesta besar).
2. Kerja biasa (pesta umum).

Osei Kerja Mbelin
Sama dengan osei-osei pengantin kerja sintua. Baik yang masuk rumah, simupus, sukut.

Osei kerja biasa.
Simada rumah rosei kuh tapi tidak pakai emas-emas. Simupus pekepar ras sukut sama dengan osei pengantin kerja sintengah.
Endame osei-osei mengket rumah mbaru.

OSEI KERJA CEDA ATE
Untuk osei erceda ate ini, di khususkan untuk yang meninggal lanjut usia (cawir metua) dan orang yang berpengaruh, atau yang dapat dikatakan meninggal sudah tidak ada lagi meninggalkan anak yang belum kawin (berumah tangga), inilah yang disebut cawir metua. Osei-osei kebanyakan bebas, tetapi di jauhkan dari warna-warni dan ber emas-emas atau warna menyolok.

Seperti tudung tidak pernah di buat dari jongkit atau pakai emas-emas, biasanya yang harus diosei adalah seorang cucu dari pihak anak laki-laki yakni yang perempuan, dan cucu laki-laki dari anak yang perempuan boleh dikatakan (harus berimpal). Orang inilah yang diosei kuh rosei lengkap dan perbulangen adi simate si diberu.
Ndehara adi simate si dilaki, rosei kuh tapi la pake emas-emas. Anak si diberu ertudung uis gara la ertudung jongkit. Anak beru tanda-tanda.

NB: Osei ini pada dasarnya yang memakaikan kepada pemakai adalah orangtua dari isteri atau saudaranya, dalam bahasa Karo disebut Kalimbubu singalo ulu emas ras kalimbubu si perdemui.


OSEI PENARI (OSEI GURO-GURO ARON)

Penghulu aron ras nande aron biasanya disahkan salah seorang anak pengulu atau anak si manteki kuta, dan juga kemberahen ataupun nande aron salah seorang anak kalimbubu kuta yakni berimpal. Pembantu mereka adalah merga silima dan salah seorang diantara mereka harus ada yang menjunjung kampil (sinjujung kampil) yakni biasanya diangkat putri raja ataupun anak simanteki kuta. Pengulu aron ras nande aron rosei lengkap (kuh) tapi lapake emas-emas, pembantu pengulu aron seri ras osei si mantek.

Osei si dilaki (si mantek)
1. Erkampuh (ersampan kampoh).
2. Erbulang (Beka Buluh).
3. Cengkok-cengkok (Beka Buluh, Ragi Barat)

Osei si diberu (Simantek)
1. Ertudung kelam-kelam model tiger limpek.
2. Rabit dasar tapi tak pernah batik.
3. Erjujungen, janah banci la erjujungen.

Osei Sehari-hari :
Osei ini pada umumnya hanya orang-orang tua saja yang memakainya yakni :
1. Yang pria bawa kampuh baik dikampuhkan maupun hanya sekedar dilengketken saja.
2. Wanita pakai tudung lompek dan langge-langge.
3. Dan pakaian seperti halnya orang indonesia lainnya.


























BAB VIII

TARI-TARI KARO

Secara umum, tari pada masyarakat Karo disebut “landek”. Dalam budaya Karo, penyajian landek erat hubungan dengan kontekstual. Dengan perkataan lain, keberadaan landek ditentukan konteks penyajiannya. Sejauh ini saya dapat melihat bahwa konteks penyajian landek pada masyarakat. Karo secara umum dapat dibagi menjadi tiga, yaitu :

1. Konteks penyajian dalam adat istiadat.
2. Konteks penyajian dalam religi, dan
3. Konteks penyajian hiburan.

Akibat adanya perbedaan konteks penyajian, maka dalam budaya tari Karo dapat dibagi menjadi tiga jenis yaitu : tari adat, religi, dan tari hiburan.


Bentuk Pertunjukan dan Teknik Penyajian.
Berdasarkan bentuk pertunjukan penyajian, tari Karo dapat ditemukan pada :
- Guro-guro aron (pertujukan seni tari dan musik pada masyarakat Karo yang dilaksanakan oleh muda-mudi).
- Ngalo-ngalo tamu.
- Pameran.
- Festival.
- Perlombaan.

Dari semua bentuk pertunjukan di atas, yang terpenting adalah guro-guro aron. Karena seni tari yang terdapat pada guro-guro aron dapat merangkum semua jenis tari yang terdapat pada pertunjukan lain.

Melihat tehnik penyajian, seni tari pada masyarakat Karo dapat dibagi menjadi :

- Tari perkolong-kolong.
- Tari aron.
- Tari khusus (tari yang telah mempunyai pola lantai).
-
Pada umumnya, ketiga tehnik penyajian tersebut dibuat berpasang-pasangan.Tari perkolong-kolong merupakan salah satu tehnik penyajian yang sangat rumit. Karena penari melakukan dengan penuh improvisasi.

Berdasarkan konteks penyajian tersebut, maka seni musik Karo adalah budaya musik yang mempunyai konteks penyajian dalam hiburan. Karena tujuan utama penyajian, semata-mata untuk memeperlihatkan nilai estetis dari musik tersebut. Penonjolan nilai estetis merupakan ciri utama seni (fine arts).

Memperhatikan musik yang mempunyai konteks penyajian dalam hiburan, sejauh ini saya hanya membagi dua, yaitu : untuk hiburan yang bersifat umum (entertaiment) dan untuk hiburan pribadi (self amusement). Untuk hiburan yang bersifat umum adalah guro-guro aron. Sedangkan untuk hiburan yang bersifat pribadi, diantaranya : Nurdam, Erbalobat, Erio-io, Erpingko-pingko, rende dalam arti yang luas.

Komposisi Alat Musik
Melihat komposisi alat musik yang dimainkan dalam guro-guro aron, terdiri atas : satu buah sarune sebagai pembawa melodi, satu buah gung dan penganak, sebagai pembawa kolotomis, satu buah gendang indung, sebagai pembawa ritmis variasi, dan satu buah gendang anak, sebagai pembawa ritmis variabel.


GURO-GURO ARON

1.PENGANGKAAN

- Guro-guro aron asal katana ibas “guro-guro” ras “aron”. Guro-guro ertina main-main, pesta, hiburan. Aron ertina anak perana/singuda-nguda si ras-ras erdahin ku juma. Jadi GURO-GURO ARON eme sada kerja si ipantek anak perana ras singuda-nguda si enggo ikut ibas aron alu make gendang seperanggun ras penggual 5 sedalanen + perkolong-kolong (adit lit).
- Guna ras sura-sura erbahan guro-guro aron, nina ranan eme :

1. Maka lit siman dedahen si banci nambahi keriahan ibas kuta bagepe man kerina anak kuta. (hiburen).
2. Maka anak perana ras singuda-nguda beluh makeken entahpe metik uis adat Karo, rikut uis/paken simeherga sidebanna. (erlajar metik).
3. Maka anak perana ras singuda-nguda beluh ras reh jilena landek ngikutken gendang Karo sini palu penggual lima sedalinen. (erlajar landek). Landek ibas kalak Karo pantang “goyang pinggul”, gitek ras geol, si perlu teridah cibal daging metunggung, tan lempir, pernen mata la banci meliar, ayo pe cirem. Tambah sie, endek pe sikap ngikutken buku gendang, bagepe ikut jolena.
4. Maka anak perana ras singuda-nguda banci jumpa atena ngena, enca natap ras ngidah pemetik, perlandek sapih-sapih anak perana/singuda-nguda. Sebab enggo kenca ia metik pekepar tuhu enggo mejile, metunggung ngidah perlandekken jemah jemole banci rutang tah pe ndabuh pusuhna pekepar. Lit pe deba anak perana sibeluh ermayan entahpe “ndikkar”. (ndarami-ndarami ate jadi).
5. Maka anak perana singuda-nguda ibas kuta e mejingkat dingen ergiah-giah ukurna erdahin ku juma, ndarami duit man penukur uis na ras patung kerja.
6. Notoken mbuah page nisuan, meriah manuk niasuh, si danak-danak lampas mbelin, simbelin maka ajar meteh mehuli, si enggo erjabu sangap njabuken bana, anak perana/singuda-nguda lampas jumpa atena ngena, si enggo metua cawir metua, sadape lalit sibangger-bangger ras simagin-magin. Biasana kerna sie tergejap bas ukur sekalak-sekalak. Janah adi bas gendang e lit perende-pernde eme perkolong-perkolong gundari, tersinget ibas rende.
7. Maka anak perana ras singuda-nguda erlajar ertutur (meteh adat), sebab teman landek la banci la arus. Bagepe arus ipelajarina uga cara ngalo-ngalo temue alu mehamat, ras ija ingan kundul.
8. Maka piga-piga anak perana sini iangkat jadi pengulu aron, entahpe anak beru aron bagepe singuda-nguda sini jadi kemberahen aron, erlajar jadi pemimpin ngaturken uga maka guro-guro e erdalan bagi sura-sura.

2.TOROSEN ERBAHAN GURO-GURO ARON
- Nai ibas kuta kalak Karo lit si erdahin ku juma siurup-urupen, eme si igelari Aron. Aron lit dua erbage, eme aron tanggung ras aron belin. Aron tanggung pendahinna la uga beratna, tapi aron belin enggo ngasup ngengkal, eme ngerukah juma. Janah ibas kuta simbelin banci lit 5 entah 6 terpuk, tapi ibas kuta si kitik 2 tah 3 terpuk.. Nandangi ciger matawari, aron ngadi-ngadi i juma perbahan enggo latih erdahin. Gelah mburo latihna, lit sekalak singuda-nguda landek janah rende. Ngidah sie sekalak anak perana ngerana, nina : Nari, jemaka nandangi singgem gelap, gendang ipengadi lebe.

- Gendang iumputi berngina enca elah man.

Aturen Perlandek :
- Landek pengulu ras kemberahen naruhken anak beru, ngalo-ngalo kerina aron.
- Landek perbapaan si lima merga.
- Landek pernanden ras beru silima.
- Emaka landek sierjabaten-jabaten kuta, guru, pande, si natang wari.
- Iumputi landek aron perana/singuda-nguda.
- Landek anak kuta sideban (aron) si itenahken.
- Adi lit perkolong-kolong banci ia tetap ikut landek ras masu-masu, banci ka piga- pipiga saja ia ikut.

Cara perlandek si dekah :
1. a. Landek si mantek kuta.
b. Landek kalimbubu kuta.
c. Landek anak beru kuta.
2. Landek per merga-merga ras kemberahenna (5 merga).
3. Emaka landek aron.

Sangana gendang ipalu, landek si landek, aron singuda-nguda ersurak, ras ertepuk, maka gendang enda mehaga, meriah ras rejin. Adi lalit sie, gendang enda tempa gendang simate-mate entah nurun-nurun.

Pepegina, iumputi denga gendang. Ibenaken nangkih-nangkih matawari seh asa nandangi ciger. Gendang sie buen si landek anak perana ras singuda-nguda. Gendang bas nangkih-nangkih matawari eme si igelari gendang “pesalang sai”. Ijeme kerina aron radu ras mindo ola sisangkuten ukur entah ija kurang lebihna ibas pengerana, perlandek sapih-sapih ia. Bagepe perkolong-kolong rende erbahan persentabin nandangi sirang gendang ipalu.
Meriah kal siakap, erguro-guro aron bagenda rupana iadap-adap nande bapanta ras sangkep nggeluh. Rende kami itengah-itengah enda.

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda